Mirainesia - Eco Plate made by agro waste
Mirainesia - Bamboo Cup made by Sulawesi Bamboo
Mirainesia - Coconuts Bowl made by Cranium

Take Action for Sustainable Local Future

Mirainesia adalah startup sosial yang dibuat oleh Madi dari Indonesia dan Yutaka dari Jepang. Pertemuan antara keduanya dimulai ketika Yutaka bergabung dengan sukarelawan sebagai Guru Bahasa Inggris di Belopa, Madi, Sulawesi Selatan. Besar di negara yang kaya secara ekonomi di Jepang, Yutaka terpesona oleh keindahan alam pedesaan Indonesia dan kebaikan orang-orangnya. Di sisi lain, Dia memperhatikan berbagai masalah lokal seperti pendidikan, lingkungan, peluang kerja, dan ekonomi.

Madi adalah seorang guru yang mengajar Bahasa Inggris kepada penduduk setempat di sebuah desa kecil, ia juga seorang penggiat seni yang membuat apa saja dari sumber daya alam seperti daun pisang, abu, sampah, dll, dan juga memiliki kepemimpinan untuk menyelesaikan beberapa masalah sosial. Keduanya bertemu dalam program sukarela dan memutuskan untuk menyatukan konsep dalam bentuk Mirainesia.

Nama Mirainesia dalam bahasa Jepang adalah masa depan di tambah dengan akhiran Nesia yang berarti masa depan Indonesia. Kami ingin menyelesaikan masalah lokal di Indonesia dan menciptakan masa depan Indonesia melalui layanan dan kegiatan yang kami sediakan.

Mari menjaga keindahan alam kita

Salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar, dan pulau terbesar kesebelas di dunia. Luwu berada di pedesaan Sulawesi Selatan, alamnya yang indah dan anak-anak yang polos, namun, alam yang indah ini mulai rusak saat ini. Sebenarnya, alam kita dihancurkan oleh orang untuk membuang sampah. Sangat menyedihkan bahwa orang merusak lingkungan mereka sendiri.

Kami menciptakan produk ramah lingkungan dari sumber daya alam seperti kelapa, daun, kayu, pisang dan bambu, untuk mengurangi penggunaan plastik. Kami berusaha membuat bisnis yang berkelanjutan dan mendidik masyarakat untuk menjaga alam yang indah ini untuk masa depan kita.

Keep Our Beautiful Nature
Keep Our Beautiful Nature
Keep Our Beautiful Nature

Menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal

Di Indonesia, sebagian besar orang bekerja sebagai petani, dan masalah besarnya adalah mereka tidak memiliki peluang kerja dan menghadapi masalah keuangan. Meskipun pendapatan masyarakat lokal tidak beear, biaya infrastruktur seperti air, listrik dan biaya hidup lainnya, makanan, biaya sekolah meningkat dari tahun ke tahun. Akibatnya, orang-orang di Belopa meninggalkan daerah mereka dan pindah ke kota-kota seperti Makassar dan Jakarta untuk bekerja.

Kami ingin memberi kesempatan kerja kepada masyarakat setempat melalui bisnis kami dan ingin mereka menggapai masa depan yang lebih cerah. Untuk tujuan itu, kami ingin menantang bisnis berkelanjutan lokal, memberikan impian dan harapan kepada banyak orang, dan menciptakan tantangan baru.

Mirainesia Create Jobs in Local Area
Mirainesia Create Jobs in Local Area
Mirainesia Create Jobs in Local Area

Penyelesaian masalah pendidikan masyarakat lokal

Yang mengejutkan kami, ada banyak anak yang tidak bersekolah di daerah ini. Beberapa dari mereka memiliki anak yang ingin pergi ke sekolah tetapi orang tua mereka tidak menyadari pentingnya sekolah dan mereka tidak diizinkan pergi ke sekolah. Ada anak-anak yang tidak bisa sekolah karena mereka sibuk membantu bertani di rumah.

Kami percaya akan pentingnya pendidikan dan ingin memaksimalkan potensi anak-anak melalui pendidikan dan memperluas kemungkinan ke masa depan mereka

Di Mirainesia, kami mengumpulkan dana melalui crowdfunding dan mendirikan sekolah kecil tempat kami mengajar Bahasa Inggris dan Lingkungan untuk anak-anak di Belopa, Sulawesi. Para guru sukarelawan dari seluruh dunia mengunjungi sekolah kami dan berkomunikasi dengan siswa lokal. Siswa kami mendapat kesempatan langsung berbicara bahasa Inggris yang sederhana dalam waktu sekitar dua bulan, dan akan dapat mempelajari banyak informasi dari seluruh dunia melalui Internet, dan akan dapat berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia dari desa kecil setempat.

Mirainesia Solve Local Education Problem
Mirainesia Solve Local Education Problem

Eco Plate

Made by Agro Waste. Disposable Bio Plate instead of plastic product.

Mirainesia - Eco Plate

So many fallen leaf of palm trees are wasting in Sulawesi. It is a treasure for us.

Press the leaf trash using the machine to transform it to Eco Plate.

Clean up and disinfection the Eco Plate. We have several types of shape.

The Eco Plate is ready to use. Our eco plate is disposable, you can use it anywhere.

Bamboo Cup

Made by Sulawesi Bamboo. Express calm color and design.

Mirainesia - Bamboo Cup

So many bamboos are produced in Sulawesi and we have a partner in anywhere.

We cut the bamboo with a knife to appropriate size for our bamboo cup.

Clean up the bamboo and scratch the inside and outside, until the bamboo transforms into a Bamboo Cup.

Finish attaching the handle. Enjoy your coffee, tea, juice with our Bamboo Cup.

Coconuts Bowl

Made by Coconuts Cranium. Tropical style bowl anywhere.

Mirainesia - Coconuts Bowl

So many coconut trees are produced in Sulawesi and we can pick up the fruits in anywhere.

The coconut is used for juice, oil, etc. But the shells will be just trash to be burned in the end.

But, Voila! We transform that trash into something useful. We cut the shell and scratch it using sandpaper until become a coconut bowl.

The Bowl is ready to use for your breakfast, lunch, or dinner. Enjoy your meal with our tropical bowl.

Tentang Kami

Kami memulai MIRAINESIA, percaya bahwa hanya dua orang saja yang dapat membuat dampak sosial yang besar.

Mirainesia CEO & Co-Founder - Ahmadi Abbas Lontara

Ahmadi Abbas Lontara CEO & Co-Founder

Ahmadi Abbas, Madi adalah orang Indonesia yang tinggal di daerah lokal Belopa, Sulawesi Selatan. Karena dia berada di area lokal, dia melihat banyak masalah seperti lingkungan, pendidikan, dll.

Dia mengajar bahasa Inggris untuk memperluas potensi masyarakat lokal. Selain itu, ia juga seorang seniman kreatif untuk membuat produk ramah lingkungan di MIRAINESIA. Dia memiliki 100 teman di 100 negara dan dia memiliki kharisma yang dipercaya oleh orang-orang dari manca negara dan di desa setempat.

Mirainesia Advisor & Co-Founder - Yutaka Tokunaga

Yutaka Tokunaga Advisor & Co-Founder

Yutaka Tokunaga adalah orang Jepang yang bekerja di Indonesia sejak 2014 sebagai CEO PT. Timedoor Indonesia. Dia ahli dalam bidang IT dan Bisnis. Setelah datang ke Indonesia, Dia menyadari kesenjangan antara wilayah kota dan wilayah negara, dan dia memutuskan untuk menyelesaikan beberapa masalah lokal. Setelah dia bertemu dengan Madi, dia memulai MIRAINESIA dan berinvestasi di sekolah bahasa Inggris, beberapa mesin untuk produksi. Dia menyarankan bisnis, pemasaran dan TI untuk membuat proyek ini menjadi ekosistem yang berkelanjutan.

Contact Us

Belopa, Luwu Regency, South Sulawesi 91994